google.com, pub-9317516404054646, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Makna Perayaan Kenaikan Tuhan Yesus Ke Sorga - Renungan Harian
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Perayaan Kenaikan Tuhan Yesus Ke Sorga

 



Syalom saudara, selamat bergabung kembali di media renungan official.

Firman Tuhan yang menjadi berkat kepada kita hari ini terambil dari Injil Lukas 24:50-53.

Berbunyi demikian:

Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah. 

Saudara, 33 setengah tahun Tuhan Yesus menjalani kehidupan ini, kemudian Tuhan Yesus mati diatas kayu salib dan bangkit pada hari yang ketiga. 40 hari lamanya Tuhan Yesus bersama murid-muridnya, kemudian setelah itu Yesus naik ke sorga.Hari ini kita memperingati hari kenaikan Yesus ke sorga. Hari dimana Tuhan Yesus akan berpisah dengan murid-muridNya, bukan hanya berpisah selama 3 hari seperti pada saat kematian Tuhan Yesus, namun kali ini berpisah untuk selamanya. Berdasarkan ayat alkitab yang sudah kita baca tadi, di ayat ke 52 mengatakan bahwa mereka siapa itu? yaitu murid-murid Tuhan Yesus tidak bersedih, tetapi sujud menyembahnya dan mereka bersukacita. Mengapa? Karena murid-murid tahu bahwa ketika Tuhan Yesus naik ke sorga maka Tuhan Yesus berkuasa atas dunia ini, Tuhan Yesus akan memerintah di atas dunia ini.Apa makna kenaikan Yesus Kristus kesorga?

Ada 3 makna Rohani yang dapat memberkati kita di hari perayaan hari ini yaitu:

Pertama: Kenaikan Tuhan Yesus Kristus menyatakan kepada kita bahwa sorga itu ada.

Tuhan Yesus naik ke sorga karena memang dari sanalah Yesus berada. Yohanes 8:23 berkata bahwa Yesus bukan berasal dari dunia ini. Ayat ini jelas mengatakan bahwa Sorga itu nyata adanya. Sorga bukan di bumi ini. Tetapi berada di atas.

Kedua: Tuhan Yesus memerintah dari sorga.

Lukas 22:69 menyatakan bahwa Tuhan Yesus telah duduk disebelah kanan allah bapa di sorga. Dia naik ke Sorga untuk memerintah dari kerajaannya, Dia memerintah dari sorga. Dia lah yang menjadi penguasa atas alam semesta ini di sorga dan dibumi. Dia yang mengontrol kehidupan mu dan saya, Dia tahu pergumulanmu, Dia tahu segala sesuatu karena Dia yang memerintah dan mengendalikan segala sesuatunya dari sorga.

Yang Ketiga: Tuhan Yesus menjadi pengantara kita

Salam surat Ibrani 7:25 berkata bahwa Tuhan Yesus yang menjadi pengantara kita. Apa artinya menjadi pengantara? Yesus menjadi pendoa mu. Setelah Yesus naik ke sorga Dia tidak melupakan kita, Dia tidak melupakan murid-muridnya, bahkan Dia berdoa untuk kita.

Kiranya kenaikan Kristus memberikan makna yang dalam dan membuka mata rohani kita untuk mengerti dan memahami arti dan makna kenaikan Kristus di sorga.

Tuhan Yesus Memberkati kita semua.